English Language Teaching (ELT)

CultureContoh: Akibat kenaikan BBM, pemerintah mengkonvensikan BBM menjadi fuel dengan cara mensosialisasikan tabung gasoline ke masyarakat. Namun berhubung sebagian masyarakat belum siap, terkait dengan kenyamanan dan keamanan penggunanan tabung gasoline maka masyarakat kebanyakan menolak konversi tersebut.

Hopkins (1999) dan Roland (1988) menyatakan bahwa interaksi dengan kultur baru akan mendorong terjadinya self-directed analysis (analisa yang diarahkan kepada diri sendiri) yang memungkinkan individu untuk menemukan perception dari aspek psikisnya mengenai dirinya sendiri. Struktur baru ini akan semakin tampak melalui pengalaman emosional dan afektif saat berinteraksi dengan kultur yang baru. Dalam hal ini, pengalaman interaksi dengan kultur baru tampaknya tidak selamanya negatif. Namun sebaliknya, hal ini akan mendorong individu untuk mengenali dirinya lebih dalam dan menolong individu untuk mengenal dirinya dalam konteks yang lebih luas. Irwin (2007) juga menyatakan bahwa proses penemuan makna baru karena pengaruh kultur barunya memungkinkan individu kehilangan makna lama yang ia miliki dari kultur lamanya. Hal ini bisa saja membawa implikasi terjadinya krisis identitas dalam diri individu yang terpapar di suatu lingkungan baru.

Segera terasa kehendak nirwan untuk menempatkan manusia, walau buta atau awal mulanya tak mengerti akan tiap sesuatu, setidaknya ada seberkas sinar terang untuk sebuah upaya pencarian – puisi menyebut, atau menghidup, kan upaya ini dengan metanomik, dalam tautan individu yang mengalami jarak dalam sebuah latar laut dengan mahluk-mahluk serupa ganggang, ubur-ubur, simbolik dari pengembaraan seorang penyair, di mana arus dan arah gelombang, adalah arus dan arah gelombang hidup itu sendiri. Manusia buta di tengah gejala penampakan dunia. Tapi ada aritmatika dan serat optik makna yang bisa membimbingnya.

Berdasarkan penggabungan dari definisi customer dan culture adalah: suatu pola, cara dan strategi dari perusahaan barang atau jasa yang diterapkan untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen tetap atau pelanggan, serta untuk mengatasi masalah persaingan dagang dari perusahaan tersebut. Melihat respon positif dari berbagai pihak itu, maka kami Sanggar Merah Putih sebagai penyelenggara telah sepakat untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai even common tiap tahun, dengan melakukan beberapa pembenahan, penyempurnaan dan pengembangan. Diharapkan nantinya even ini bukan hanya berskala nasional, tetapi juga berskala internasional, setidaknya untuk kedepan. LGBTIQ – Indonesia bekerjasama dengan International Gay and Lesbian Human Rights Commission (IGLHRC), Global Fund for Women dan HIVOS. Kebebasan pembaca nyaris tanpa batas itu, bisa menyerat puisi ke arah pemaknaan lain dari makna awal yang hendak didedah oleh sebuah puisi. dengan memainkan tipografinya.

Lin (2007) menemukan dalam penelitiannya terhadap anggota Organisasi Komunitas Mahasiswa Cina di Amerika, bahwa fenomena culture shock bersifat kontekstual dan dialami dengan berbeda-beda dari generasi ke generasi berikutnya. Artinya, faktor yang mendorong bagaimana munculnya culture shock juga akan sangat spesifik tergantung pada di daerah mana individu tersebut berasal, di daerah mana individu berada, serta pada tahun atau masa seperti apa, akan sangat bervariasi. Masing-masing tahap bukan berarti selalu dijalani secara urut ke jenjang berikutnya. Sangat mungkin bahwa individu yang telah memasuki jenjang berikutnya masih kembali mengalami jenjang sebelumnya ketika dihadapkan pada persoalan baru dalam penyesuaian dirinya.

Related Posts

Zaman Mesolitikum

Customer adalah seseorang yang membeli suatu barang atau jasa secara berlanjut atau tetap karena sudah merasa terpuaskan dan tidak mau pindah ke penjual lain. Lebih lanjut Chapdelaine…

Cross Cultural Understanding

West Side is taking action to remind its latest residents that they are welcome and their culture is essential. Dalam penelitian Chapdelaine (2004) ditemukan bahwa tingginya kesempatan…